6.25.2013

Rumah Sakit Pusat Pertamina Medical Check Up


Setelah buat janji seminggu sebelumnya, akhirnya waktu saya buat medical check up datang juga. Berangkat dari rumah di kawasan bintaro jam 5.30 lengkap dengan tas olahraga yang isinya tumbler 1 liter, dompet, sepatu olahraga, cardigan, parfum, handphone, contoh feces (males kan ya ngebayanginnya), dan si oly (Baca: kamera). Setelah itu saya naik si trans bintaro yang udah penuh sesak tapi Alhamdulillah masih kebagian tempat duduk. Biasanya selalu tidur kalo perjalanan agak jauh, tapi karena udah lama banget ga liat jalanan jakarta, akhirnya mata otomatis melek semeleknya. Lumayan juga sekalian ngapalin rutenya trans bintaro yang baru pertama kali saya coba. Untuk jadwal dan rutenya bisa diliat disini ya. Harga tiketnya kemarin masih Rp.11.000,- dan Alhamdulillah nyaman.

Sekitar jam 7 kurang, saya turun di halte sebelum ratu plaza. Sengaja pengen jalan kaki, karena itu adalah me time buat saya. Ngeliatin orang-orang dan apapun di sekeliling saya sambil jalan kaki selalu ngebuat hati adem. Dikarenakan emang selalu ga pernah apal jalan, jadi hari sebelumnya udah nanya sama si destry caranya nyampe Rumah Sakit Pusat Pertamina. Sekitar jam 7.30 sampailah juga di tempat yang dituju, sempet salah masuk gedung karena ada beberapa gedung di dalam kawasan RSPP ini. Ujung-ujungnya nanya bapak satpam dan diarahkan untuk ke Gedung H Lantai 5. Pas masuk gedung H ini ngerasa kayak masuk gedung rumah sakit tua gitu, sama sekali ga spooky sih tapi beda aja sama design gedung-gedung rumah sakit swasta yang modern itu.

Langsung naik lift ke lantai 5 (Ga sanggup juga kalo harus naik tangga, soalnya laper karena kan harus puasa 10 jam sebelum medical check up dan hanya boleh minum air putih). Pas sampe di lantai yang dituju, ternyata designnya sangat beda. Di depan lift yang kebuka itu, udah ada ruang tunggu lengkap dengan sofa-sofa yang nyaman dan meja suster buat registrasi. Setelah menyebutkan nama, ternyata sudah ada di sistemnya karena sebelumnya memang sudah booking dengan paket yang dipilih. Lalu saya diminta buat isi form yang lumayan banyak yang isinya antara lain: Data pribadi, pilihan medical check up karyawan pertamina/mandiri, riwayat penyakit, dan keluhan saat ini. Setelah selesai pengisian, KTP saya diminta lalu ditukar dengan kunci loker dan langsung saya diarahkan untuk ganti pakaian. Ruang gantinya bersih dan loker yang disediain juga luas. Ganti baju, celana, sama sendal rumah sakit dan balik ke meja suster.

Kebetulan saya ngambil Paket Executive A yang lebih fokus ke pemeriksaan kesehatan jantung. Tahap pertama saya langsung di kasih gelas untuk menampung urin, tapi belum ada hasrat buat buang air kecil jadi akhirnya diambil darah dulu dan ditanyain soal contoh feces yang sudah saya bawa. Setelah itu akhirnya dipaksain buat menampung urin setelah minum bergelas-gelas air. Tahap berikutnya saya diberikan segelas besar air gula untuk pemeriksaan darah dan urin 2 jam setelahnya. Setelah itu saya diarahkan ke tempat pemeriksaan cardiology. Sebelum dilakukan pemeriksaan treadmill, saya ditanya tentang riwayat penyakit yang memang ada darah tinggi yang sudah dideteksi dari SMA. Mendadak muka susternya langsung berubah dan ngebawa saya ke ruang pemeriksaan buat diukur tekanan darahnya. Alhamdulillah ga tinggi-tinggi banget sih pas diperiksa, walaupun lebih dari ukuran normal. Jadinya masih aman buat treadmill testnya.

Sebelum treadmill test, saya diminta untuk ganti baju (lagi) dan ganti sepatu olahraga yang sudah disediakan dengan berbagai ukuran. Padahal sebetulnya saya sudah bawa sepatu sendiri, tapi repot juga kalo harus balik ke looker room. Setelah saya siap, lalu badan saya dipasang berbagai macam alat di dada dan lengan. Jujur karena ini pertama kalinya treadmill test, saya takjub sama alat-alatnya terutama alat pengukur tekanan darah yang otomatis ngukur setiap 2 menit sekali. Total saya diminta untuk treadmill test selama 12 menit, yang menurut informasi suster disesuaikan dengan usia saya. Awalnya sih santai cuma jalan biasa di court yang landai, eh lama-lama jadi lari dan courtnya jadi menanjak. Si susternya juga dengan baiknya selalu nanya dan mantau, karena misalnya kita ga kuat bisa langsung distop treadmill testnya. Setelah 12 menit yang penuh peluh, saya dikasih handuk dan diminta untuk istirahat sebentar lalu ganti pakaian lagi.

Keluar dari ruangan treadmill test, saya diminta suster untuk menunggu untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ruang tunggunya Alhamdulillah enak, ada water dispenser dan gelas yang bisa kita ambil sesukanya, sama ada TV juga jadi ga bosen-bosen amat nunggunya. Lalu saya diminta untuk masuk ke ruangan yang lain lagi untuk foto thorax, disuruh lepas baju dan mengikuti arahan petugasnya. Ga ada 5 menit sih untuk foto thorax ini dan setelahnya disuruh nunggu buat pemeriksaan fisik. Waktu nunggunya buat pemeriksaan ini lumayan lama, mungkin lebih dari 30 menit. Untungnya disediain majalah-majalah dengan berbagai genre.
 
 
Setelah terkantuk-kantuk, akhirnya dipanggil juga buat pemeriksaan dokternya. Karena udah pernah medical check up sebanyak 4 kali sebelumnya, jadi udah tau bakalan gimana saat pemeriksaan fisik ini. Paling cuma ditanyain keluhan saat ini, riwayat penyakit, periksa tekanan darah, tempel stetoskop sana sini, tinggi badan, sama berat badan. Dan semua yang saya sebutkan memang benar, tapi bedanya adalah ini dokternya teliti banget dan ada beberapa pemeriksaan tambahan seperti THT, tulang, mulut, dan perut. Yang sebelumnya saya pemeriksaan fisik paling lama 15 menit, ini memakan waktu sampai +/- 1 jam. Kalo di medical check up sebelumnya setelah si dokter selesai periksa trus saya disuruh ke pemeriksaan selanjutnya, nah yang ini kita ngobrol cukup lama. Konsultasi terkait riwayat keluarga yang sakit dan si ibu dokter ini concern banget sama penyakit hipertensi saya. Waktu saya bilang ngobrol, it’s literally kayak ngobrol instead of konsultasi yang kaku gitu. Karena ini si ibu dokternya super gaul padahal udah ga muda lagi, pokoknya saya sangat puas karena dijelasin kalo penyakit ini tuh harus gimana, kalo penyakit yang itu mesti gimana. Sayangnya saya lupa liat nama dokternya :( Beliau juga mengecek terkait paket yang saya ambil dan disarankan untuk tambahan pemeriksaan USG karena ternyata hipertensi itu ada hubungannya dengan kesehatan ginjal kita.

Setelah selesai, saya lanjut untuk pemeriksaan USG. Baik dokter sama suster di pemeriksaan USG ini juga informatif. Kalo di pemeriksaan sebelum-sebelumnya perut saya cuma ditempelin alat USG nya, ini sambil si alat motret-motret organ dalam saya, si dokter ngejelasin apa aja yang dipotret dan kondisinya seperti apa. Kebetulan karena sama-sama orang jawa timur, jadinya sedikit ngobrol boso jowo. Hehe.

Ga kerasa udah 2 jam saya periksa ini itu, dan dikasih tau suster yang pertama untuk ambil darah dan urin lagi. Trus lanjut ketemu dokter jantung untuk konsultasi hasil treadmill testnya. Alhamdulillah katanya normal tapi disarankan untuk Pro Pemeriksaan Echocardiography dan ABPM (Ambulatory Blood Pressure Monitoring) terkait sama hipertensinya. Karena kemungkinan ini bukan hipertensi yang akut, tapi sewaktu-waktu aja (Semoga ya, AAMIIN). Mm, sayangnya saya berasa pas konsultasi ke dokter jantung ini agak terburu-buru atau mungkin sayanya juga yang udah capek buat nanya-nanya, karena banyak istilah yang saya ga ngerti.

Setelah selesai saya dapat kupon makan. Padahal di page RSPPnya, ga ada tulisannya loh saya bakalan dapat makan. Ya Alhamdulillah banget karena udah kelaperan dan awalnya berniat makan sate ayam depan RSPP ini yang emang udah terkenal sedep. Pas masuk ruang makan, ternyata prasmanan gitu. Ada susu, teh, kopi, dan air putih untuk pilihan minumannya. Untuk makanannya, ada sayur brokoli, spageti, nasi putih, tahu goreng tepung, ayam goreng tepung, dan kerupuk lengkap dengan sambelnya.
 
Setelah perut kenyang saya ganti baju dan nuker kunci loker dengan KTP saya yang sebelumnya ditahan. Setelah menerima invoicenya yang lumayan bikin ketar ketir karena uang di dompet ga sampe segitu, saya langsung nanya bisa dibayar pake CC/kartu debit dan Alhamdulillah bisa. Oh iya, di RSPP ini kebetulan belum bisa gesek pake kartu asuransi, jadi kalo kita dicover asuransi, sistemnya reimburse. Hasil medical check up nya sendiri keluar setelah 7 hari kerja dan bisa dikirim di alamat yang kita minta atau diambil sendiri di RSPPnya. Kirain kan kalo dikirim ada tambahan biaya, eh ternyata totally free. Untuk pembayarannya ada di lantai 2, beda lantai sama lantai medical check up nya. Ga repot-repot banget sih karena kan ada lift. :D

Beberapa hal yang bikin saya puas dengan medical check up di Rumah Sakit Pusat Pertamina ini selain pemeriksaannya lengkap, ruangannya nyaman, harga bersaing (halah), dokter dan perawatnya sangat bersahabat serta informatif, mereka juga menyediakan after service dimana setelah hasilnya keluar kita akan diinformasikan via sms. Apabila ga sempet buat ambil, bisa dikirim di alamat yang sebelumnya udah kita kasih dan gratis. Tapi saran saya sih enakan ambil sendiri, karena bisa konsultasi (LAGI) sama dokternya terkait sama hasil medical check up kita dan kembali TANPA DIPUNGUT BIAYA. Sayangnya karena saya sedang di luar kota, jadi saya minta untuk dikirim ke alamat rumah aja. Puasnya saya ga berenti sampai situ aja, setelah dapet hasilnya, saya takjub karena dikemas dengan sangat apik sampe si mbak arrie takjub. Begitupun saya, karena hasilnya detail dan ada rangkumannya di buku kecil yang enak buat dibawa-bawa pas kita mau medical check up di periode berikutnya.
 
Mungkin ini agak OOT, tapi saya juga puas dengan pelayanan asuransi kesehatan saya, yaitu BNI LIFE. Sebenarnya plafond untuk medical check up pegawai rendahan seperti saya ini hanya 37,5% dari total yang harus saya bayar di RSPP (Ga enak kalo nyebut nominal soalnya, jadi pake prosentase aja ya), tapi setelah saya kirim klaim ternyata diganti sampai dengan 93,75%. What can I say except Alhamdulillah then.

No comments: