6.24.2013

Annual Medical Check Up

Sebenernya udah lama banget mau nge-post ini, tapi ya dasarnya masih belum bisa ngatur waktu sedemikian rupa, jadilah rencana tinggal rencana. Jadi bulan Mei kemarin saya ngajuin buat ngambil sisa cuti 2012 yang masih ada 3 hari, soalnya klo ga diambil sampe akhir Juni 2013 ini bakalan angus. Ngeliat kalender, eh ternyata ada yang hari kamisnya libur, pas lah ini buat nambah waktu pulang kerumah :)

Kalo orang lain ngabisin waktu cutinya buat liburan kesana kemari, saya cukup untuk pulang ke rumah. Ketemu keluarga, ketemu kamar, ketemu masakan rumah, ketemu sahabat-sahabat, dan ketemu MK kalo pas dia lagi di jakarta juga. Waktu itu sempet mikir sih, enak ya orang lain yang kalo cuti bisa liburan ke pantai atau negara lain, sedangkan saya harus beli return flight ticket  buat kerumah. Tapi akhirnya bersyukur karena rasanya ngabisin cuti dirumah setelah terpisah berbulan-bulan karena beda pulau dan bahasa itu ga ada yang ngalahin.

Untuk cuti kali ini, selain mau santai-santai aja di rumah, saya mutusin buat sekalian medical check up. Tahun lalu sih udah pernah medical check up di klinik kesehatan deket kantor, tapi sayanya kurang puas karena pemeriksaannya kayak seadanya gitu. Begitupun 2 tahun lalu di klinik kesehatan deket rumah, sama aja ga puas (Emang banyak mau nya kali ya saya). Terus seperti biasa karena bawaan rasi bintang, sebelum mutusin sesuatu pastilah survey sana sini buat nyari perbandingan biar dapet best deal. Untungnya info buat medical check up di setiap rumah sakit atau klinik kesehatan sekarang ini udah informatif banget. Ada 4 tempat akhirnya yang jadi consideration pilihan karena ada paket yang pas (Kebetulan pengen fokus meriksa kesehatan jantung saya, karena udah dari SMA dideteksi punya hipertensi):
Mulailah kita telvon dan tanya pendapat sana sini, liat reviewnya orang-orang di internet dan apa aja paket yang ditawarin. Akhirnya mutusin di RSAD Gatot Subroto. Kenapa jadi consideration pertama, it simply karena saya pernah medical check up di sini tahun 2010 untuk seleksi karyawan di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang mining and failed. Karena waktu itu dibayarin sama si perusahaan, jadi ga tau deh failednya karena apa. Yaudah langsunglah telvon buat booking dan milih paketnya, sempet nanya juga bisa gesek pake kartu asuransi kesehatan yang saya punya atau ga, sayangnya ga bisa. Jadi sistem reimburse kalo mau klaim. Ga lama setelah booking, saya ditelvon balik katanya di hari yang sama si rumah sakitnya mau dipake untuk salah satu perusahaan, jadi batal deh karena saya cuma bisa di satu hari itu aja.

Untungnya masih ada 3 pilihan, langsung janjian sama si Rumah Sakit Brawijaya. Mmmm, kenapa milih rumah sakit ini, karena ada paket yang memang pas dan harganya juga bersahabat (Maklum plafon asuransi kesehatan untuk medical check up pegawai rendahan seperti saya masih sangat terbatas, so at least when i have to pay for the rest ga gede-gede amat) terus rumah sakitnya masih tergolong baru yang kemungkinan alat-alat dan tempatnya masih bagus. Di rumah sakit ini juga udah bisa gesek si kartu asuransinya, jadi ga perlu repot bawa uang tunai atau make sistem reimburse. Sayangnya line telvonnya hampir seharian sibuk, jadi harus sabar buat redial trus. Eh tapi ternyata dikabarin setelah booking kalo alat treadmill nya lagi rusak, padahal itu yang pengen saya periksa buat si jantung. Akhirnya batal lagi.

Langsunglah telvon si rumah sakit Medistra. Kebetulan saya udah jadi pasien di sini, alat-alatnya lengkap dan pelayanannya bagus. Kalo soal harga, relatif ya jadi bisa langsung di cek di pagenya aja. Nah kalo disini sistemnya juga reimburse. Sayangnya pas saya mau booking ternyata si dokter spesialis jantungnya lagi cuti juga dan kebetulan ga ada dokter pengganti. Ini kok ya susah banget ya nyari tempat buat medical check up doang, udah kayak nyari jodoh yang mau nerima saya apa adanya *keselek*

Dengan H2C (Harap-harap cemas - bahasanya tahun 90an banget ya), jadilah saya coba nelvon si RSP Pertamina. Kenapa ini juga masuk consideration list, karena hampir semua menteri dan presiden kalo meriksa kesehatannya di rumah sakit ini, jadi kemungkinan baguslah kualitasnya. Terus ga terlalu jauh juga dari rumah dan akses angkutan umum kesana gampang. Terus kan siapa tau bisa direcruit jadi BPS Pertaminanya *Laaah itu sih impian nyokap pengen banget saya kerja di Pertamina padahal kan anaknya passionnya bukan disitu* *kemudian curhat*

Untungnya ga ada masalah pas booking. Semua alat yang dibutuhin di paket yang saya pilih berfungsi dengan baik katanya, begitupun dokternya juga ga ada yang cuti. Lalu seperti biasa diinformasikan agar puasa minimal 10 jam, hanya boleh minum air putih dan dateng di hari H jam 07.30 WIB. Pas saya tanya bisa gesek, ternyata di sini belum bisa buat akses si kartu asuransi. Jadi pake sistem reimburse.

Setelah ngejalanin medical check up di tempat ini, jujur saya sangat puas. Dari 5 kali medical check up yang udah pernah saya jalanin, di RSPP Pertamina ini yang terbaik menurut saya. Reviewnya bisa diiat disini. Memang ya Tuhan itu Maha Baik, dari 4 consideration sebenernya RSPP ada di list terbawah, tapi akhirnya keputusan akhir ga akan pernah salah. As my suggestion, you have to take the medical check up at least every year. No matter how young you are, disease doesn't see the age nowadays. Better to know earlier than late, right? :)

2 comments:

Anonymous said...

hasilnya bagus ga pang?

pamungkasalamin said...

Alhamdulillah Selly, hasilnya ga seserem yang dibayangkan :)