11.25.2013

Resep Brownies Kukus Keju Coklat



Alhamdulillah akhirnya terealisasi juga rencana bikin brownies. Kue yang katanya bolu bantet ini, sudah jadi salah satu favorite cake buat saya. Mulai dari rasa original yaitu coklat, trus ada yang dimodifikasi dengan rasa keju, kacang, blueberry, pandan, dan pisang. Semua suka. Slrrpp.

Nah karena minggu2x kemaren saya dilanda rasa tidak enak di hati, akhirnya memutuskan healing dengan memasak. Ya, karena masak adalah salah satu hal yang paling menyenangkan untuk ngilangin rasa ga enak di hati selain nulis, olahraga, makan, atau belanja. Akhirnya beli bahan-bahan dan praktek di hari sabtu yang cerah ceria. Resep yang saya buat ini tentunya dari berbagai sumber yang dimodifikasi sesuai dengan lidah saya. Fyi, temen-temen kantor pada lahap makannya dan habis dalam waktu beberapa menit loh. Hehe.

Bahan-bahan

  • Adonan Coklat

a.      Bahan A

4 butir telur ayam
125 gram gula pasir
1,5 sdt TBM (emulsifier)
b.   Bahan B

60 gram margarin/butter
50 gram coklat masak (dark compound)
c.       Bahan C

           85 gram tepung terigu
           25 gram coklat bubuk
           0,5 sdt baking powder
           0,5 sdt garam 
  • Adonan Keju
a.       Bahan A
           4 butir telur ayam
          100 gram gula pasir
           0,5 sdt vanila bubuk (essence vanilla)
            0,5 sdm TBM (emulsifier)
           0,5 sdt garam
 b.      Bahan B
           75 gram tepung terigu
           25 gram susu bubuk vanila
           1 sdm tepung maizena
           0,5 sdt baking powder
 c.       Bahan C
80 gram margarin/butter
 d.      Bahan D

           100 gram keju cheddar parut
           1 sdm tepung terigu
  • Topping
          Keju cheddar parut 
             Irisan buah strawberry segar

Cara Membuat

  • Adonan coklat
a.    Kocok Bahan A dengan kecepatan sedang-cepat sampai tercampur semua dan mengembang. Sisihkan.
b.      Lelehkan Bahan B, lalu sisihkan.
c.    Campur merata Bahan C, lalu dimasukkan ke adonan Bahan A sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula. Setelah semuanya tercampur (adonan akan agak sedikit mengental dan pastikan tidak ada yang menggumpal), masukkan Bahan C. Aduk hingga merata. Sisihkan.
d.    Siapkan kukusan dengan air yang sudah mendidih. Jangan lupa untuk membungkus tutup kukusan dengan serbet makan atau kain untuk menghindari uap air jatuh ke adonan brownies, karena permukaan si brownies akan bolong-bolong ataupun brownies akan gagal karena terlalu banyak uap air yang jatuh.
e.     Siapkan pula loyang yang telah diolesi margarin di seluruh sisinya. Masukkan Adonan Coklat ke loyang sampai batas kurang dari setengah tinggi loyang. Lalu ketuk-ketuk atau dibanting si loyangnya agar adonan padat dan udara di dalamnya hilang.
f.       Masukkan loyang yang berisi adonan ke dalam kukusan dengan api sedang hingga +/- 10 menit atau sampai permukaannya agak mengeras sebelum nantinya ditambahkan Adonan Keju.
  • Adonan Keju
a.   Sambil nunggu Adonan Coklat matang, kita siapkan Adonan Keju. Kocok dengan kecepatan sedang-tinggi Bahan A sampai mengembang. Sishkan.
b.      Lelehkan Bahan C, sisihkan.
c.     Campur seluruh Bahan B hingga merata, lalu sedikit demi sedikit masukkan ke Bahan A dengan terus diaduk menggunakan spatula. Setelah semua tercapur merata, masukkan Bahan C.
d.   Setelah seluruh bahan tercampur, siapkan Bahan D. Keju cheddar yang sudah diparut agar ditaburi dengan tepung terigu. Hal ini dilakukan agar keju tercapur merata di adonan dan tidak mengendap di bagian bawah adonan.
e.      Masukkan Bahan D, lalu aduk hingga merata.
f.      Apabila permukaan Adonan Coklat sudah agak mengeras, masukkan adonan keju dan pastikan tidak ada udara di dalamnya. Kukus selama +/- 20 menit.
g.    Untuk melihat apakah brownies sudah matang atau belum, kita dapat menusuknya dengan lidi. Apabila masih ada adonan yang menempel di lidi, berarti brownies masih belum matang. Sebaiknya menusuk lidi di bagian tengah brownies, karena bagian ini yang paling lama matangnya.

Cara Menyajikan
  1. Setelah brownies matang, angkat loyang dari kukusan. Biarkan brownies agak menghangat +/- 10 menit, lalu tusukkan pisau di seluruh pinggiran loyang dengan hati-hati agar brownies terpisah dari loyang dan tidak rusak.
  2. Sajikan di piring saji, taburi dengan keju cheddar parut dan irisan buah strawberry.
  3. Paling nikmat disajikan selagi hangat. Nyooom.

Tips: Sebelum kedua adonan dikukus, silahkan dicoba terlebih dahulu. Apabila memang kurang manis, bisa ditambahkan gula atau susu kental manis. Porsi cukup untuk dirimu, dirinya, dan (calon) keluarga *keselek* Selamat mencoba! :))

No comments: