10.29.2016

Kelas Inspirasi Depok 3: Buku untuk SDN Leuwinanggung 2



Ini adalah kali kedua saya berpartisipasi sebagai inspirator pada Kelas Inspirasi, dimana sebelumnya saya mengikuti Kelas Inspirasi Palembang 4 di Bulan Agustus 2016. Pada hari briefing Kelas Inspirasi Depok 3 yang diadakan pada Hari Sabtu, Tanggal 08 Oktober 2016, saya tergabung dengan 6 orang inspirator lainnya yang mempunyai profesi berbeda-beda di kelompok 27. Selain inspirator, pada kelompok tersebut juga difasilitasi oleh seorang fasilitator dan seorang dokumentator yang akan mengabadikan rangkaian kegiatan pada Hari Inspirasi. Kami ber-9 diberi kepercayaan untuk membagi pengalaman kami di SDN Leuwinanggung 2, Kecamatan Tapos, Depok.

Pada hari inspirasi di Tanggal 17 Oktober 2016, sebagaimana pengalaman sebelumnya, saya mendapatkan lebih dari yang saya harapkan. Banyak sekali ilmu dan pembelajaran dari adik-adik di SDN Leuwinanggung 2 yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah siswa lebih dari 300 orang. Mereka begitu bersemangat dalam menyampaikan ide-idenya, namun tetap menjaga ketertiban baik di kelas maupun luar kelas. Tidak hanya siswanya saja, para guru dan wali siswa juga memberikan dukungan penuh kepada kami pada hari inspirasi tersebut.







Berbagi cerita dengan adik-adik dari pagi hingga petang, rasanya belum cukup bagi kami. Sayangnya sesuai dengan jadwal yang diberikan, kami harus mengakhiri sesi di sekolah tersebut pada pukul 4 sore. Pada saat berpamitan dengan adik-adik dan para guru, besar harapan mereka agar kami dapat kembali lagi ke SDN Leuwinanggung 2. Begitupun halnya dengan kami sebagai relawan.

Buku Untuk SDN Leuwinanggung 2

Selama menghabiskan waktu di SDN Leuwinanggung 2, kami menyadari bahwa terdapat 1 ruangan yang biasanya dimiliki oleh sebuah sekolah tapi tidak ada di sana yaitu ruang baca atau perpustakaan. Memang dengan terbatasnya lahan, agak sulit untuk membuat sebuah ruang baca/perpustakaan. Hal ini dikarenakan ruang kelas yang saat ini tersedia pun hanya berjumlah 5 kelas, sehingga adik-adik harus bergantian untuk mengikuti proses belajar di kelas. Satu hal lagi yang membuat kami kagum adalah para guru dan siswa tidak surut semangatnya dengan segala keterbatasan tersebut.

Meskipun tidak tersedianya ruang baca/perpustakaan, kami yakin minat baca para siswa masih sangat tinggi. Hal ini terlihat pada saat kami datang ke sekolah tersebut pada pukul 06:30 WIB, ternyata sudah ada beberapa siswa yang datang untuk membaca buku di kelasnya masing-masing. Oleh karena itu, kami berencana untuk “kembali” ke SDN Leuwinanggung 2 untuk menyerahkan buku-buku yang dapat menambah ilmu dan wawasan mereka. Namun kendala yang kami hadapi adalah jumlah kami yang hanya ber-9, sehingga buku-buku layak pakai yang kami punya pun sangat terbatas apabila dibandingkan dengan jumlah siswa di SDN Leuwinanggung 2.


Dengan segala kerendahan hati kami, kami ingin mengajak Kakak-kakak dan Bapak-Ibu untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan penyerahan Buku untuk SDN Leuwinanggung 2. Adapun rencana penyerahan buku akan dilakukan pada Hari Sabtu, Tanggal 26 November 2016. Apabila memang terkendala dengan kesibukannya, buku-buku yang layak pakai dapat dikirimkan atau diantar kepada kami sebelum hari pelaksanaan. Kakak-kakak dan Bapak-Ibu dapat juga menghubungi kami via sms/telp ke +62897 000 7969 terkait dengan kegiatan ini atau hal lainnya yang ingin ditanyakan.
-Mari berkontribusi untuk kemajuan pendidikan anak di Indonesia-

Picture by: Ari Yulianto dan Patricia Judith Kasakeyan

No comments: